Sunday, December 28, 2014

Software Simulasi untuk Belajar IPA


 Didalam dunia pendidikan media sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar terutama pada mata pelajaran IPA sangat membutuhkan media agar peserta didik lebih mudah memahami materi yang kita sampaikan, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang aplikasi/software yang berisi tentang simulasi, apa itu simulasi..?.

Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu. 

Software simulai ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pada mata pelajaran IPA nama softwarenya adalah Phet Simulations.

Phet Simulations adalah sebuah aplikasi yang berisi simulasi untuk mata pelajaran IPA, baik untuk semua kalangan SD, SMP, SMA dan untuk kuliahan atau umum, software/aplikasi Phet ini sangat interaktif dapat mempermudahkan guru untuk menjelaskan materi yang akan disampaikan dan tidak kalah pentingnya siswa akan lebih bersemangat dan merasa senang dalam belajar IPA dan tidak membosankan, karena soffware ini bersifat nteraktif dan mudah digunakan baik bagi guru maupun untuk siswa.
Jika Bapak/Ibu Guru atau adik-adik ingin mendowloadnya silahkan klik download

Jika anda belum mengetahui cara mendownload dan menjalankan software ini silahkan buka Cara Download Sofware PhET Simulations


Berikut contoh simulasi pada materi Listrik Statis :


Semoga software ini bisa bermanfaat buat Bapak/Ibu Guru yang sedang membutuhkan media untuk proses belajar mengajar di kelas.
Load disqus comments

0 comments