Monday, December 29, 2014

Tips Sukses Belajar IPA

Apakah kamu mengalami kesulitan belajar IPA? Pelajaran IPA dibangku SMP/MTs mencakup materi biologi, fisika, dan kimia.
Tidak mengherankan jika sebagian siswa mengalami kesulitan belajar IPA karena banyaknya materi yang harus dipelajari.
Kamu tidak boleh menyerah hanya karena pelajaran IPA materinya banyak.Bagaimana cara belajar IPA dengan mudah?
Cobalah ikuti beberapa tips berikut ini.



1. Cipatakan suasana nyaman

Untuk masalah yang satu ini, setiap orang berbeda-beda. Ada orang nyaman belajar jika suasana hening. Ada yang nyaman belajar sambil mendengarkan musik. Ada lagi sebagian orang yang belajar dalam beragam suasana, baik ramai ataupun sepi. Intinya suasana nyaman tergantung dari kamu masing-masing. Untuk menemukan suasana yang nyaman dalam belajar, hindarkanlah segala sesuatu yang berpotensi mengganggu kegiatan belajarmu.

2. Pahami materi secara seksama

Jangan tergesa-gesa dalam membaca. Yakinkan pada dirimu bahwa kamu telah memahami materi yang kamu pelajari. Pastikan bahwa kamu memahami isi materi yang sedang kamu baca. Biar membaca secara lambat, asal memahami isinya, itu lebih baik daripada membaca cepat, tetapi tidak memahami isinya. Ingat, jangan beralih kemateri berikutnya jika kamu belum memahaminya . Tuntaskan mempelajari materi bab demi bab. Jangan segan mengulang membaca materi jika dengan sekali membaca kamu belum memahami maksudnya.

3. Berilah tanda pada istilah  atau kalimat yang menurut kamu penting

Ketika sedang belajar IPA, tentu kamu menemukan istilah atau kata-kata penting. Tandailah istilah atau kata-kata penting tersebut dengan bolpoin berwarna ,berupa garis bawah atau ditebalkan dengan spidol warna. Kamu dapat juga menandai kata kunci atau pokok pikiran suatu paragraf yang merupakan inti sari suatu konsep.Kalimat, kata-kata penting, dan kata kunci itu untuk mempermudah kamu mengingat, sekaligus menjadi jembatan menuju materi yang telah kamu pelajari.

4. Buatlah ringkasan

Catatan singkat memudahkanmu mengingat isi materi secara keseluruhan. Buatlah ringkasan sesuai selera kamu sendiri, yang penting kamu mengerti dan paham apa yang kamu ringkas. Oleh karena itu, ringkasan tidak harus berupa kalimat-kalimat pendek, akan tetapi dapat berupa skema, tabel, atau gambar.Selanjutnya manfaatkan ringkasan untuk belajar. Ingat jangan gunakan ringkasan untuk mencontek !

Sudahkah kamu melaksanakan tips di atas ketika belajar IPA? jika sudah , tingkatkan belajarmu. Jika belum, segeralah mencoba. Selamat Belajar !


Load disqus comments

0 comments