● Disajikan tabel organ-organ ekskresi, siswa dapat memilih
pasangan organ dan hasil
ekskresi yang dihasilkan..
● Terdapat tiga tahap pembentukan urine yaitu fitrasi,
reabsorbsi dan augumentasi, siswa dapat
menyebutkan pasangan bagian ginjal dan tahapannya..
● Disajikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan fungsi
ginjal, siswa dapat memilih
fungsi ginjal yang berkaitan dengan sistem ekskresi.
● Pigmen melanin pada manusia dapat mempengaruhi warna
kulit, siswa dapat menyebutkan
letak pigmen melanin pada kulit manuusia.
● Disajikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan fungsi
alat reproduksi pada
perempuan, siswa dapat menyebutkan alat reproduksi
berdasarkan pernyataan tersebut.
● Siswa dapat menyebutkan fungsi alat-alat reproduksi pria.
● Siswa dapat menyebutkan nama hormon pada manusia dan
fungsinya
● Siswa dapat menyebutkan jenis penyakit pada alat
reproduksi.
● Disajikan gambar otak, siswa dapat menyebutkan bagian dari
otak berdasarkan fungsinya.
● Disajikan data,siswa dapat mengurutkan jalannya impuls
atau rangsangan pada gerak.
● Siswa dapat menyebutkan komponen yang mempengaruhi reaksi
sistem saraf.
● Siswa dapat menjelaskan kelainan pada lidah
● Disajikan gambar telinga, siswa dapat menyebutkan bagian
dari telinga.
● Menyebutkan bentuk paruh dan jenis makanannya
● Disajikan data ciri-ciri tumbuhan, siswa dapat memilih
ciri-ciri tumbuhan yang hidup pada
habitat tertentu (xerofit. Higrofit dan hidrofit)
● Disajikan contoh adaptasi pada hewan, siswa dapat memilih
dari contoh ttersebut yang
merupakan adaptasi tertentu (morfologis, fisiologis atau
tingkah laku).
● Disajikan ciri-ciri tumbuhan, siswa dapat memilih
ciri-ciri tumbuhan yang menyebabkannya
dibantu oleh hewan tertentu (serangga, burung, kelelawar)
● Siswa dapat menyebutkan jenis perkembangbiakan pada
vertebrata beserta contohnya.
● Disajikan data, Siswa dapat menyebutkan contoh seleksi
alam
● Menentukan jumlah kromosom Autosom, jika jumlah kromosom
suatu organisme diketahui.
● Siswa dapat menjelaskan istilah-istilah dalam persilangan
(Homozigot, heterozigot,
dominan, resesif)
● Siswa dapat menghitung perbandingan genotif keturunan
pertama (F1) pada persilangan
monohibrid
● Siswa dapat menghitung perbandingan fenotif keturunan
kedua (F2) pada persilangan
dihibrid
● Disajikan tabel yang berisi nama mikrobia dan produk yang
dihaslkan, siswa dapat menentu
kan pasangan mikrobia dan produk biotehnologi yang tepat.
● Siswa dapat menjelaskan pengertian pembastaran
● Menyebutkan contoh bahan bakar hasil pengembangan
biotehnologi
● Disajikan data pernyataan tentang gejala kelistrikan siswa
dapat menentukan contoh yang
termasuk gejala listrik statis
● Siswa dapat menentukan muatan benda yang didekati benda
bermuatan listrik.
● Siswa dapat mengidentifikasi kedudukan daun elektroskop
jika didekati benda bermuatan
listrik.
● Siswa dapat melakukan perhitungan melalui rumus hukum
Coulomb
● Siswa dapat melakukan perhitungan melalui rumus hukum Ohm
● Disajikan tabel pengukuran beda potensial dan kuat arus
listrik, siswa dapat menentukan
hubungan V, I dan R
● Siswa dapat melakukan perhitungan melalui rumus hambatan
pada kawat penghantar
● Disajikan gambar rangkaian arus listrik, siswa dapat
menghitung besarnya salah satu kuat arus
listrik melalui hukum I Kirchoff
● Disajikan gambar rangkaian listrik gabungan, siswa dapat
menghitung besarnya hambatan pengganti.
● Disajikan nama-nama bahan, siswa dapat menentukan
bahan-bahan yang menyusun elemen
volta.
● Menjelaskan pengertian GGL
● Menyebutkan alat-alat yang mengubah energi listrik menjadi
energi lainnya.
● Menghitung banyak energi listrik jika tegangan, arus dan
waktu diketahui.
● Menghitung
besar pembayaran listrik tiap bulannya jika diketahui alat-alat listrik yang
digunakan
Untuk mendapatkan file PDF dari kisi-kisi ujian semester ganjil kelas VIII MTs NS Wanasaba Tahun Pelajaran 2014/2015 Silahkan Klik DOWNLOAD
0 comments